Sepanjang Jalan, Nagari Pasir Talang Timur Tanam Ratusan Bibit Pohon Pepaya California

Sungai Pagu (radiotemansejati) – Nagari Pasir Talang Timur memanfaatkan pekarangan rumah warga dan lahan kosong di sepanjang jalan dengan menanam ratusan bibit pohon pepaya california.

“Sejak kemarin (Selasa, 20/7/2017), sudah dilakukan penanaman tahap pertama sebanyak 150 bibit pohon pepaya california, mulai dari jembatan pasir talang hingga sigintir” ujar Jorong Sigintir, Mai Hendri

Penanaman Bibit Pepaya California

Program tersebut merupakan inisiatif dari empat wali jorong dan Wali Nagari Pasir Talang Timur, Solbetri untuk meningkatkan pendapatan masyarakat nagari tersebut. “Tidak ada dana nagari yang digunakan untuk program tersebut, seluruh dana dari wali jorong masing-masing” ujar Solbetri

Pada tahap pertama penanaman pohon tersebut baru mencakup dua jorong yaitu Jorong Koto Kaciak, dan Jorong Sigintir. “Tahap kedua Jorong Bandar Dalam, dan Jorong Pampangan. Total jalan melingkar nagari yang akan kami tanam ada sekitar 5 Km,” tambahnya.

Ia memperkirakan akan membutuhkan hingga 500 bibit pohon pepaya california agar sepanjang jalan tersebut dapat ditanami.

Bibit Pohon Pepaya California Siap Tanam

Nantinya, hasil panen pepaya dapat dijual oleh warga, dan hasil penjualan pepaya tersebut disisihkan untuk melunasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Kami berharap dengan program ini masyarakat dapat diringankan dalam membayar PBB, sehingga Nagari dan Jorong tidak lagi kesulitan dalam mencapai target realisasi PBB” ujar Solbetri

Ia mengaku pada tahun 2016 Nagarinya dapat merealisasikan pendapatan PBB lebih dari 60%. ” target PBB Nagari Pastal Timur tahun 2017 sebesar Rp. 19.772.863. Semoga dengan adanya program ini, target 100% dapat tercapai,” katanya.

 

Komentar Sahabat

Close
%d blogger menyukai ini: