Peneliti : Goa Batu Kapal Berusia 22 Sampai 33 Juta Tahun Yang Lalu

Padang Aro (radiotemansejati) – Beberapa hasil dari penelitian Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) di Kabupaten Solok Selatan dipaparkan pada pertemuan dengan Bupati Solok Selatan, H. Muzni Zakaria  di Kantor Bupati Solok Selatan, Selasa (25/7/2017).

Salah satu pemaparan tersebut adalah mengetahui usia dari Goa Batu Kapal. “berdasarkan studi literatur secara umum Goa Batu Kapal berumur sekitar 22-33,9 juta tahun yg lalu,” ujar Trihandy Cahyo Saputro, Mahasiswa Teknik Geologi UGM.

Ia melanjutkan bahwa Goa Batu Kapal dahulunya adalah laut dangkal, sedangkan batuannya berjenis batu gamping yang dihasilkan dari akumulasi organisme mikrofosil.

“berdasarkan peta geologi regional lembar painan Goa Batu Kapal terletak pada formasi sinamar yang memiliki ketebalan formasi mencapai 750 meter,” tambahnya.

Ia juga menginginkan perlu dilakukan analisis lebih lanjut seperti analisis petrografi, analisis paleontologi dan analisis lainnya.
Pada keterangan lanjutan, karena aktifitas tektonik (lempengan) aktif dari wilayah sumatera, batuan tersebut terangkat dan akhirnya muncul ke permukaan. Karena kemunculannya tersebut, maka batuan tersebut mengalami pemaparan oleh air hujan sehingga mengakibatkan pelarutan.

Pelarutan inilah yang mengakibatkan terbentuknya pori-pori sekunder pada batuan tersebut. Pori tersebut semakin membesar sehingga membentuk jalan air tanah pada sistem karst dan akhirnya membentuk morfologi goa.

Sedangkan untuk pembentukan warna dinding goa, Tri meyakini bahwa hal tersebut diakibatkan proses aktivitas organisme, pelapukan dan proses kimia. “Bisa karena lumut ataupun karena microorganisme, bukan karena endapan kimia. Namun hal itu perlu penelitian lebih lanjut,” ujarnya.

 

 

Komentar Sahabat

Close
%d blogger menyukai ini: