Land Clearing Lahan Pengadilan Negeri Solsel Tuntas Tahun Ini

Solok Selatan (radiotemansejati) – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Solok Selatan saat ini sedang mempersiapkan lahan (land clearing) untuk pembangunan Gedung Pengadilan Negeri Solok Selatan. 

“Lahan yang kami persiapkan terletak di Jorong Liki Atas, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir. Persis di tepi jalan nasional dekat Pekonina,” jelas Kepala Bidang Tata Bangun dan Jasa Konstruksi PUPR Solok Selatan, Yance Bastian di Padang Aro, Selasa (3/10/2017). 

Dalam keterangannya lahan tersebut memiliki luas 3,5 Hektar. “Selain untuk Pengadilan, di lahan tersebut juga akan di bangun LP (Lembaga Pemasyarakatan) dan Dandim (Komandan Distrik Militer),” tambahnya. 

Untuk proses land clearing tersebut Dinas PUPR Solsel menganggarkan dana hingga Rp. 200 juta dan ditargetkan akan selesai tahun ini (2017).

“Dinas PUPR hanya sebatas menyiapkan lahan, untuk pembangunan gedung merupakan wewenang dari masing-masing instansi, dalam hal ini Pengadilan, LP, dan Dandim,” katanya. 

Setelah selesai, lahan tersebut akan dihibahkan kepada instansi terkait untuk diajukan anggaran pembangunannya. 

Keberadaan Pengadilan Negeri Solok Selatan sudah sangat mendesak. Saat ini masyarakat yang berurusan dengan hukum harus menempuh perjalanan jauh ke Pengadilan Negeri Solok untuk menyelesaikan proses pengadilan.

Komentar Sahabat

Close
%d blogger menyukai ini: