Dari Ikan Cupang, Warga Solsel Ini Mampu Raup Jutaan Rupiah Perbulan

Solok Selatan – Siapa sangka budidaya dan jual beli Ikan cupang telah merambah Kabupaten Solok selatan. Tidak hanya di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Medan, ternyata peminat ikan cupang ini begitu besar.

Peluang ini mampu ditangkap oleh salah seorang warga Padang Aro, Solok Selatan, Bambang Ismanto. Walaupun hanya dengan bermodal tempat-tempat sederhana, Bambang mampu melakukan budidaya dan jual beli Ikan cupang. Tak tanggung-tanggung ia mampu meraup keuntungan bersih hingga Rp.8 Juta Perbulannya.

Diwawancarai oleh TVRI Sumbar, Bambang mengaku ikan cupang miliknya dijual hingga keluar Sumatera Barat. Bahkan dalam enam bulan ini permintaannya semakin melonjak, dan ia seringkali tidak mampu memenuhi permintaan pasar.

Dijelaskannya, setiap bulannya ia harus mengirimkan ikan cupang minimal sebanyak 800 ekor keseluruh daerah.

Bambang mengatakan untuk memulai usaha ini tidak dibutuhkan tempat yang luas ataupun modal yang besar. Cukup dengan botol-botol kecil sebagai tempat ikan cupannya. Selain itu ikan cupang ini merupakan ikan yang tahan terhadap penyakit.

Ikan-ikan cupang ini dijual mulai dari Rp5 Ribu hingga Rp150ribu perekornya.

“harga tergantung dari ukuran dan kegesitan ikannya,” ujar Bambang.

Untuk saat ini, ada beberapa jenis ikan cupang yang dibudi dayakan, diantaranya jenis halfmoon, giant, serit, fanci, plakat, nemo, ravatar, dan jenis cupang lainnya. Untuk jenis ikan cupang hias halfmoon merupakan jenis yang paling diminati. Jenis cupang ini memiliki ekor kembang dan corak warna yang dominan seperti merah, hijau, biru dan kuning. Bahkan ada diantaranya yang memiliki vaariasi warna yang menarik.

Ia berharap dapat meningkatkan produksi ikan cupangnya. Sehingga mampu memenuhi permintaan pasar yang begitu besar.

Komentar Sahabat

Close
%d blogger menyukai ini: