Resmikan Gedung RA Taud Al-Ikhlas, Ini Pesan Wabup Solsel

Sungai Pagu, (radiotemansejati.com) – Pemerintah kabupaten Solok Selatan terus menunjukkan perhatiannya terhadap pembentukan sumber daya manusia yang berkarakter, cerdas dan berakhlak.

Hal itu terlihat ketika Wakil Bupati Solok Selatan (Wabub Solsel), H. Yulian Efi menghadiri acara wisuda tamat belajar angkatan ke-6 dan wisuda tahfizh, sekaligus meresmikan gedung baru RA Taud Al-Ikhlash, di Nagari Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu, Selasa 27 Juni 2023.

RA Taud Al-Ikhlash merupakan yayasan pendidikan Alqur’an untuk anak usia dini (3-6 tahun) yang bernaung dibawah Yayasan Raudhatul Huffazh dengan pimpinan Ustd. Zulkarnaini, yang merintis pembangunannya sejak Tahun 2013 diawali dengan mendirikan Rumah Tahfidz Al-Ikhlas.

“Waktu itu kami ingin dengan julukan Solok Selatan yang terkenal 1000 rumah gadangnya, cita-cita kami, ingin menciptakan 1000 hafidz Solok Selatan,” ucap Zulkarnaini yang kerap di panggil ustadz Zul.

Adapun acara tasyakuran tersebut di selenggarakan sebagai bentuk apresiasi dan rasa syukur atas keberhasilan yang diperoleh yayasan, baik dalam mendidik generasi qur’ani juga dalam pengembangan fasilitas, sarana dan prasarana.

“Alhamdulillah, saat ini kami mewisuda sebanyak 28 orang anak penghafal Al-Quran. Anak-anak ini kami didik dari usia 3 tahun, 15 diantaranya sudah hafal minimal 1 juz,” ucap ustadz Zul.

Adapun untuk gedung baru yang akan diresmikan oleh Wabup Solsel tersebut, Ia menyebutkan mulai dibangun sejak Tahun 2022 dengan dana yang bersumber dari donatur.

Selain itu, menurutnya Yayasan juga memiliki rumah Tahfiz bagi anak-anak untuk melanjutkan dan mengembangkan hafalan Al-Qur’an ya ke tahap selanjutnya, dan rumah Qur’an untuk yang sudah usia dewasa.

“Dan sekarang Alhamdulillah masuk progul Bupati dan Wakil Bupati satu jorong satu rumah Tahfiz. Kedepannya, kami bercita-cita memiliki Madrasah Ibtidaiyah Tahfiz,” pungkasnya.

Senada, Pembina Yayasan Raudatul Huffazh, Dra.Hj.Anisuldjalis menyatakan dasar pendirian Yayasan adalah untuk mewujudkan mimpi membantu pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa khususnya di Solsel.

“Kami sangat berterima kasih, dan bangga atas kinerja dari seluruh pengurus Rumah Tahfidz,” katanya.

Wabup Solsel Yulian Efi dalam sambutannya, mengajak seluruh pengurus saling mendukung dan bermusyawarah untuk kemajuan rumah Tahfiz dan dapat menjadi gudang penghafal Al-Quran.

“Harapannya nanti setiap generasi dapat menerapkan ilmu keagamaan, ketika mereka dewasa dan salah satu upayanya dengan membangun rumah Tahfidz, yang mengajarkan berbagai segi ilmu agama,” lanjutnya.

Wabup menyebut nilai agama merupakan pondasi terpenting untuk menghasilkan SDM yang berkarakter dan berakhlak, dimana hasilnya dapat dipetik 10-30 tahun yang akan datang.

“Kita perlu mengantisipasi kenakalan remaja dengan memperdalam ilmu agama untuk generasi penerus, sehingga Kami bersama semua stakeholder menetapkan program keagamaan dengan membangun satu jorong satu rumah Tahfiz di Solok Selatan,” Ujarnya lagi.

Hingga kini Wabup menyebut jumlah rumah Tahfidz yang sudah ada di Solok Selatan sebanyak 274 rumah Tahfidz di hampir seluruh jorong se-Kab. Solok Selatan.

“Semoga dalam perkembangannya, kelak bisa menjadi contoh untuk rumah Tahfidz lain dan menjadi pedoman serta berdampak positif pada pembangunan SDM kab. Solok Selatan,” tutupnya. *)

AQ_Rts

Komentar Sahabat

Close
%d blogger menyukai ini: