Kejari Solsel Musnahkan BB Tindak Pidana Umum, Diantaranya Sabu dan Ganja

Pauh Duo, (radiotemansejati.com) – Kejaksaan Negeri Solok Selatan melakukan kegiatan Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana Umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (incracht), pemusnahan barang bukti dilakukan dengan cara di bakar di tempat pembakaran barang bukti di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Solok Selatan, Rabu (21/12/23).

Berdasarkan informasi yang dihimpun barang bukti tersebut antara lain didominasi oleh perkara tindak pidana narkotika, orang dan harta benda (oharda) dan tindak pidana umum lainnya.

Proses Pemusnahan BB dengan dibakar, disaksikan Bupati Solsel, Kapolres Solsel, Kajari dan Sekdakab di Kejari Solsel, rabu (21/12/23).

Dalam sambutannya Kajari Solok Selatan Fitriansyah Akbar, S.H., M.H. menyampaikan bahwa dari sekian banyak tindak pidana yang disidangkan oleh Jaksa pada Kejaksaan Negeri Solok Selatan paling banyak adalah tindak pidana narkotika.

“Ini merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi jaksa yaitu melakukan eksekusi terhadap barang bukti yang sudah incracht,” Jelasnya.

Kajari menyampaikan besar harapan Kejaksaan kepada Bupati sebagai pimpinan tertinggi di Kabupaten Solok Selatan untuk dapat berkoordinasi dengan Kejaksaan maupun Kepolisian guna melakukan tindakan pencegahan melalui sosialisasi dan penindakan dalam hal pemberantasan tindak pidana narkotika.

Sejalan dengan sambutan Kajari Solok Selatan, Bupati Solok Selatan H. KHAIRUNNAS menyampaikan apresiasi kepada penegak hukum baik Kejaksaan dan Kepolisian dalam upaya penegakan hukum terhadap tindak pidana narkotika khususnya dan tindak pidana lainnya secara umum.

Adapun barang bukti yang dimusnahkan pada kegiatan hari ini menurut YUHARMEN YAKUB, S.H., M.H. selaku Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) Kejaksaan Negeri Solok Selatan adalah :

  1. Tindak Pidana Orang dan Benda, yaitu 1 Perkara dengan barang bukti berupa Kunci
    Simpang Tiga;
  2. Tindak Pidana Umum (KAMNEGTIMBUM), yaitu 3 Perkara dengan barang bukti
    berupa pakaian, batu domino, dan karpet;
  3. Lalu Tindak Pidana Narkotika, yaitu: 15 Perkara berupa: Shabu seberat 23,5444 Gram
    berupa: Ganja seberat 45,76 Gram

Acara hari ini dihadiri oleh Bupati Solok Selatan, Kapolres Solok Selatan, Sekda Kabupaten Solok Selatan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Muara Labuh, Para Kepala Seksi dan Kasubag di lingkungan Kejaksaan Negeri Solok Selatan, pimpinan OPD Kabupaten Solok Selatan, Camat Pauh Duo, Jaksa dan pegawai Kejaksaan Negeri Solok Selatan. *)

Abdul_Rts

Komentar Sahabat

Close
%d blogger menyukai ini: