Orang “Pintar” Dilibatkan Mencari Korban Diduga Hanyut

Solok Selatan – Orang “Pintar” turut dilibatkan oleh pihak keluarga pada hari ini, Senin (30/12) dalam pencarian Rusdianto (45) alias buyung yang diduga hanyut di Sungai Batang Pulakek, Kecamatan Pauh Duo sejak Sabtu malam (28/12/19).

Menanggapi hal tersebut Ketua Tim Basarnas yang diterjunkan ke Solok Selatan, Riko Likardo menyebutkan pihaknya tidak pernah menggunakan hal seperti itu. Namun kalau hal tersebut merupakan permintaan keluarga pihaknya mempersilahkan.

“ini kan bagian dari kearifan lokal, jadi kami juga tidak bisa melarang, namun kami tidak pernah menggunakan hal-hal seperti ini,” ujarnya di Pauh Duo, Senin (30/12).

Diceritakannya, bahwa pihak keluarga meminta tim membawa orang pintar tersebut duduk diatas perahu karet sembari menyisir Sungai Batang Pulakek.

“kami tidak masalah dengan hal tersebut, karena kami juga gunakan perahu karet untuk mencari korban,” jelasnya.

Pada pencarian hari ini, timnya mengkhawatirkan cuaca yang tidak menentu sejak pagi hingga sore hari yang terus menerus diguyur hujan.

“Kondisi seperti ini kami mengkhawatirkan akan datangnya air bah, untuk itu kami harus tetap hati-hati dan waspada,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa timnya akan bekerja selama tiga hari, dan untuk kemudian dievaluasi apakah akan dilanjutkan atau tidak.

“Kalau memang tanda-tanda korban tidak ditemukan, maka kami akan menyelesaikan pencarian ini. Namun kalau ditemukan tanda-tanda yang signifikan kami akan lanjutkan hingga tujuh hari,” tukasnya.

Komentar Sahabat

Close
%d blogger menyukai ini: